Cara Backup iPhone

Posted on

Cara Backup iPhone/ipad & ipod dengan Mudah dan Simple – membuat cadangan Perangkat lunak   satu atau lebih salinan data pada perangkat digital Anda jika data asli Anda hilang atau rusak.

Berikut berbagai solusi pencadangan yang akan kami bahas untuk  melindungi berbagai jenis data dan berbagai kombinasi perangkat iphone anda.

Apa itu Backup ?

Apa itu Backup

Backup adalah proses membuat cadangan data dengan menyalin atau mengarsipkan data komputer sehingga data dapat digunakan kembali jika terjadi kerusakan atau kehilangan.

beberapa solusi hanya mencadangkan file dan folder Anda, sementara solusi lain dengan mencadangkan semuanya dengan mengambil snapshot seluruh memory, yang berarti Anda dapat memulihkan ke baremetal dan keadaan sepenuhnya dan dapat di-boot.

Solusi lain hanya mencadangkan perangkat yang dipilih, seperti PC dan Mac Anda,

Mengapa Backup iPhone Penting ??

Semua orang mengalami masalah dengan perangkat digital mereka, bahkan smartphone mereka.

Mencadangkan data sangat penting karena bertujuan mengantisipasi kemungkinan hal terburuk, yaitu hilangnya data penting akibat kerusakan pada perangkat penyimpanan.

Banyak orang jarang atau tidak pernah melakukan backup karena mereka malas, merasa tidak punya waktu, lupa dan mereka tidak menyadari bahwa risiko kehilangan data dapat terjadi kapan saja.

Ada Dua Cara Backup iPhone Anda

CARA BACKUP IPHONE

Ada banyak solusi cadangan di pasaran yang mendukung iPhone Anda. iTunes dan iCloud adalah berbagai jenis solusi cadangan yang ditawarkan oleh Apple.

Lihat Juga : Fitur Baru Di iPhone 11

Cadangan iCloud

Backup Dengan iCloud , Anda dapat mencadangkan data ke cloud secara otomatis dengan koneksi Wi-Fi dan mencadangkan:

  1. Beli riwayat musik, film, acara TV, aplikasi, dan buku yang dibeli dari iTunes Store, App Store, atau iBook store
  2. Foto dan video, pengaturan, data aplikasi, layar beranda, iMessage, Teks SMS, pesan MMS, dan nada dering

Anda dapat memilih opsi pencadangan iCloud dari pengaturan untuk perangkat iOS Anda di iTunes saat terhubung, atau dari perangkat iOS itu sendiri.

Anda dapat melakukan pencadangan secara otomatis atau manual. Meskipun tidak mencadangkan aplikasi, musik, film, dan buku yang Anda beli, itu akan mengunduh ini dari App, iTunes, dan iBook store ketika Anda memulihkan dari iCloud Backup.

Apple menyediakan penyimpanan cloud gratis 5GB per ID Apple. Anda dapat dengan mudah memakan ruang penyimpanan 5GB dengan cepat jika Anda mencadangkan foto dan video Anda, tetapi Anda dapat membeli penyimpanan iCloud tambahan dengan biaya tambahan.

iCloud menyinkronkan file secara otomatis. Sinkronisasi otomatis, bagaimanapun, bukan cadangan yang sebenarnya.

Misalnya, jika Anda secara tidak sengaja menghapus foto dari iPhone Anda, foto itu hilang begitu sinkronisasi otomatis dilakukan. Dengan solusi pencadangan sejati, Anda dapat memulihkan foto dari tujuan pencadangan.

Petunjuk untuk Mencadangkan Menggunakan iCloud:

  1. Hubungkan perangkat Anda ke jaringan Wi-Fi
  2. Ketuk Pengaturan> [nama Anda], lalu ketuk iCloud. Jika Anda menggunakan iOS 10.2 atau yang lebih lama, buka Pengaturan, lalu gulir ke bawah dan ketuk iCloud.
  3. Gulir ke bawah, ketuk Cadangan iCloud. Jika Anda menggunakan iOS 10.2 atau yang lebih lama, ketuk Cadangan. Pastikan iCloud Backup dihidupkan
  4. Ketuk Cadangkan Sekarang dan tetap terhubung ke jaringan Wi-Fi Anda sampai proses selesai
  5. Pastikan cadangan selesai: Ketuk Pengaturan> [nama Anda]> iCloud> iCloud Storage> Manage Storage, lalu pilih perangkat Anda – cadangan akan muncul dalam detail dengan waktu dan ukuran cadangan. Jika Anda menggunakan iOS 10.2 atau yang lebih lama, jalur Anda adalah Pengaturan> iCloud> Penyimpanan> Kelola Penyimpanan.

Lihat Juga : Cara Update iOS 12.4.1

Cadangkan Otomatis dengan iCloud Backup:

  1. Pastikan iCloud Backup dihidupkan di Pengaturan> [nama Anda]> iCloud> Cadangan iCloud. Jika Anda menggunakan iOS 10.2 atau yang lebih lama,
  2. buka Pengaturan> iCloud> Cadangkan
  3. Hubungkan perangkat Anda ke sumber daya
  4. Hubungkan perangkat Anda ke jaringan Wi-Fi
  5. Pastikan layar perangkat Anda terkunci
  6. Periksa apakah Anda memiliki cukup ruang di iCloud untuk cadangan

Backup Dengan iTunes

Banyak konsumen yang lebih akrab dengan iTunes karena inilah yang mereka gunakan untuk membeli aplikasi, musik, dan buku dari Apple Stores.

Untuk mencadangkan dengan iTunes, colokkan iPhone Anda ke PC atau Mac Anda, buka iTunes, dan sinkronkan file Anda antara PC atau Mac dan iPhone Anda.

Tidak seperti iCloud, iTunes mencadangkan semua foto, gambar, file media yang tidak dibeli dari iTunes, pesan, log panggilan, data aplikasi, pengaturan, memo, kalender, dan bookmark. Anda tidak dapat menyalin file ke cloud menggunakan iTunes. Lihat Juga : Cara Melacak iPhone Yang Hilang

Petunjuk untuk mencadangkan menggunakan iTunes:

  1. Buka iTunes dan hubungkan perangkat Anda ke komputer Anda
  2. Jika sebuah pesan meminta kode sandi perangkat Anda atau ke Trust This Computer, ikuti langkah-langkah di layar (Jika Anda lupa kode sandi Anda, dapatkan bantuan)
  3. Pilih iPhone, iPad, atau iPod Anda ketika muncul di iTunes

Anda dapat mempelajari apa yang harus dilakukan di sini.  Jadi itulah dua cara backup iphone anda, semoga bermanfaat dan terimakasih.