Mengatasi Memori Micro SD Card yang Rusak

Posted on

Cara Mengatasi Memori Micro SD Card yang Rusak atau Sulit Terdeteksi – Bagi pengguna smartphone pastinya sering mengalami masalah pada kartu memori/microSD di samrtphone miliknya.

Baik itu terbaca pada perangkat android, ataupun SD Card rusak. Tentu akan sangat merepotkan bukan??? Karena dikawatirkan data yang kita miliki di dalamnya hilang dan tidak bisa kembalai lagi.

Tentu saja bila kartu memori pada ponsel kita sudah rusak, kita akan berfikir untuk menggantinya dan membeli yang baru. Tapi janganlah buru – buru untuk membuang kartu SD kalian yang rusak,

karena belum tentu kartu memori tersebut benar benar rusak, dan masih bisa diperbaiki serta dapat berfungsi dan digunakan lagi.

Untuk itulah kita akan mebahas beberapa cara untuk memperbaiki SD card yang rusak, sehingga dapat digunakan kembali tanpa harus membeli yang baru lagi, agar dapt menghemat pengeluaran kita juga tentunya.

Cara Mengatasi Memori Micro SD Card yang Rusak

microSD yang Rusak

Berikut Cara Mengatasi Memori/microSD yang Rusak atau Sulit Terdeteksi yang akan kita bahas pada artikel kali ini :

  1. Membersihkan Kartu Memori

 Memori Micro SD Card 5

Pertolongan pertama terhadap kartu memori yang tidak terdeteksi adalah, melepaskan kartu memori card tersebut dari perangkat android kamu.

Tapi pastinya terlebih dahulu ponselmu sudah dalam posisi mati, agar tidak menambah kerusakan pada microSD kalian.

Pertama bersihkan plat kuningan pada bagian bawah kartu memori menggunakan penghapus pensil yang berwarna putih, gosok secara perlahan hingga lempengan kuninggannya bersih.

Bila plat kuninggannya sudah bersih , kalian bisa memasangkan kembali microSD pada gadgetkalian, kemudian cek lagi apakah kartu memorinya dapat terdeteksi atau belum.

  1. Memformat Memory Card Melalui Android

 Memori Micro SD Card 4

Apabila cara yang pertama sudah dilakukan dan belum berhasil, kalian bisa mencoba memformat kartu memori menggunakan ponsel android kamu.

Dengan cara masuk pada menu Setting > Storage untuk melihat informasi detail dari kartu memori kalian.

Kemudian pilih Erase Eksternal Storage Device maka semua data pada microSD kalian akan terhapus, sehingga ruang penyimpanan akan menjadi kosong sperti baru lagi.

  1. Cek Kerusan Melalui PC

Cek Kerusan Melalui PC

Pertama kalian dapat menghubungkan terlebih dahulu smartphone pada computer dengan kabel data, dan pastikan bahwa smartphone kalian sudah terhubung pada PC pada mode Mass Storage Mode ( MSC ) bukan Media Transfer Mode ( MTP ).

Atau dapat menggunakan cara lain yakni melepaskan kartu memori lalu hubungkan ke PC menggunakan adaptor bila sudah terhubung dengan PC kemudian buka Windows Explorer,

klik kanan pada Drive SD card kamu, kemudian pilih menu Properties > Tolls > Error Checking, dan biarkan prosesnya berjalan hinga semua proses selesai.

  1. Format SD Card Melalui PC

 Memori Micro SD Card 2

Lihat Juga :

Jika memori Card kalian terlihat baik-baim saja dan tidak ada masalah saat dihubungkan pada PC, namun ketika dimasukan kedalam perangka smartphone kartu memori tersebut tidak terdeeksi. Coba gunakan cara berikut.

Copy terlebih dahulu semua data pada SD card ke PC kalian, buat folder baru untuk menempatkan semua file tersebut ( Backup File ) dari isi kartu memori kalian.

Setelah data tersebut sudah tercopy, kemudian coba format memori card itu dari computer kalian, bila proses formatnya sudah selesai coba masukan lagi SD Card tersebut

ke smartphone dan apabila memori kalian sudah terdeteksi barulah kalian kembalikan lagi file yang tadi sudah kamu Backup.

Note : Cara Mengatasi Memori/microSD yang Rusak atau Sulit Terdeteksi – Janganlah terlalu sering untuk melepas dan memasang kartu memori memori card karena kebiasaan tersebut dapat memicu kerusakan pada lempengan kuning yang terdapat pada memori Crad kalian!!!

Nah, itulah tadi ulasan mengenai Cara Mengatasi Memori/microSD yang Rusak atau Sulit Terdeteksi yang telah kita bahas pada artikel di atas ini dapat berguna dan bermanfaat serta dapat menambah informasi bagi kalian, Sekian dan Terima Kasih