Inilah Beberapa Cara Menghapus Virus/Malware Di iPhone dengan Mudah

Posted on

Tips Menghapus Virus & Malware Di iPhone Tanpa Hilang Data – Mungkin Anda berpikir bahwa gadget Apple memiliki sistem operasi yang cukup tahan terhadap infeksi virus atau malware lainnya.

Namun sayangnya ini tidak sepenuhnya benar juga tidak sepenuhnya salah.

Mengapa iPhone Bisa Terkena Virus?

Dalam beberapa tahun terakhir peretas atau pembuat virus telah mulai mengalihkan perhatian mereka ke sistem operasi ini sebagai target mereka berikutnya.

Sebagian besar masalah malware biasanya disebabkan oleh tindakan pengguna yang mencoba untuk mendapatkan kontrol lebih besar atas gadget mereka melalui jailbreak.

Siapa pun yang telah menggunakan Apple pasti tahu bahwa Apple memiliki sistem operasi yang memiliki lingkungan yang cukup aman pada perangkat keras Apple.

Itu artinya, hanya aplikasi atau perangkat lunak yang telah disetujui oleh vendor Apple yang tersedia dari App Store yang dapat Anda instal pada gadget iPhone.

Namun, ini tidak akan berlaku jika ponsel cerdas Anda adalah iPhone yang telah di-jailbreak. Jika Anda melakukannya, Anda akan menjalankan risiko virus komputer atau virus iPhone.

Baca Juga : VPN Untuk Iphone

Apa Itu Jailbreak?

Singkatnya, jailbreak adalah proses yang memungkinkan smartphone iPhone melakukan pengaturan yang sebelumnya tidak bisa dilakukan. Ini nantinya akan memberi Anda akses penuh ke iPhone Anda.

Namun, harap dicatat bahwa proses jailbreak pada ponsel iphone sebenarnya memiliki dampak lebih negatif jika dibandingkan dengan dampak positif.

Jailbreak akan membuat ponsel Anda rentan terhadap virus komputer atau malware lainnya.

iPhone yang telah mengalami jailbreak sangat rentan terhadap infeksi virus atau malware lain yang dapat membahayakan pengguna iPhone.

Infeksi virus ini dapat mengakibatkan pencurian data, perubahan pengaturan pada iPhone dan bahkan pencurian data pribadi pada iPhone oleh peretas.

Kabar baiknya, virus iPhone sangat jarang ditemukan dalam penggunaan gadget pada umumnya.

Sangat sulit bagi iPhone atau gadget lain yang memiliki sistem operasi iOS untuk terinfeksi oleh virus karena tingkat keamanan yang telah dibuat secara default dari Apple.

Sayangnya proses jailbreak yang telah digunakan oleh banyak orang memungkinkan melemahnya tingkat keamanan pada gadget ini, yang dapat memberikan kemungkinan lebih tinggi infeksi virus.

Nah, oleh sebab itu. Untuk Anda yang sudah melakukan jailbreak, dan merasa ponselnya lambat, bisa jadi karena virus. Untuk mengatasinya, simak pembahasan berikut.

mengilangkan virus iphone

Tips Menghapus Virus Di iPhone

Jika Anda mencurigai iPad atau iPhone Anda terinfeksi malware, jangan panik. Untuk menghapus virus pada iPhone yang Anda curigai terinfeksi virus, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Cadangkan semua data dan pengaturan pada ponsel cerdas Anda ke iCloud untuk.
  2. Buka Pengaturan, lalu Umum, lalu ke bagian Atur Ulang untuk mengembalikan pengaturan iPhone ke aslinya.
  3. Klik Hapus Semua Konten dan Pengaturan untuk menghapus semua aplikasi dan data pada ponsel cerdas Anda.
  4. Setelah selesai, restart iPhone Anda.
  5. Jika telah dimulai ulang, masukkan kembali aplikasi iCloud untuk mengembalikan data cadangan yang sebelumnya Anda instal.

Baca Juga : Hard Reset iPhone 5s

Jika Anda perlu mengunduh ulang aplikasi yang Anda inginkan dari app store, Anda juga dapat menghubungkan iPhone atau iPad ke Mac.

Dan menggunakan fitur Restore iPhone / iPad (Restore iPhone) di iTunes untuk memulihkan pengaturan perangkat Anda.

Dengan mengatur ulang iPhone, iPhone akan dibersihkan dari semua program tambahan, termasuk program jahat yang dapat menginfeksi ponsel cerdas Anda.

Data dan file yang Anda miliki masih ada di sana, meskipun beberapa pengaturan untuk ekspresi tertentu telah hilang.

Sekian postingan kali ini tentang Tips Menghapus Virus & Malware Di iPhone Tanpa Hilang Data. Semoga bermanfaat.