Cara Reset HP Asus

Posted on

Cara Factory Reset/Hard Reset HP Asus Via Setting & Recovery – Hard Reset atau factory reset adalah solusi yang cukup ampuh ketika perangkat android tidak lagi nyaman untuk digunakan.

Beberapa tanda perlunya melakukan reset, baik dengan soft reset atau hard reset adalah ketika banyak aplikasi tidak dapat berjalan secara normal (biasanya force closed).

Atau perangkat android kita sering lambat atau bahkan hang. Dan tidak hanya itu, ketika kita memutuskan untuk membeli perangkat Android second atau bekas, sangat disarankan untuk mereset sebelum Anda menggunakannya.

Karena jika tidak direset dikhawatirkan perangkat tersebut masih terdapat akun pemilik asli. Atau juga memiliki aplikasi yang berbahaya yang tidak/sengaja diinstall oleh pemilik sebelumnya.

Nah, oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan tutorial tentang bagaimana cara melakukan reset pada ponsel Asus baik melalui setting maupun melalui recovery mode.

Tetapi sebelum Anda mereset hp asus Anda, ada baiknya Anda simak terlebih dahulu tanda-tanda kapan Anda harus melakukan reset ulang. Simak pembahasannya berikut ini.

Tanda-tanda HP Harus Reset Ulang

cara reset hp asus

1. Sistem Terasa Lambat

Jika Anda merasa kinerja sistem smartphone sudah mulai terasa berat seperti tidak responsif, suka ketinggalan, untuk waktu yang lama ketika membuka aplikasi dapat diatasi dengan melakukan factory reset.

2. Aplikasi Tidak Normal

Jika ada banyak aplikasi yang tidak dapat berjalan secara normal seperti tiba-tiba aplikasi mati dengan sendirinya ketika diputar dan banyak Force Close terjadi, maka cobalah untuk mengatur ulang ponsel Anda.

3. Jaringan Internet Error

Ketika Anda yakin jaringan seluler di daerah Anda baik tetapi hanya di ponsel Anda yang tidak dapat terhubung ke jaringan data internet, kemudian mengatur ulang sebelum memutuskan untuk melakukan flashing

4. Jaringan Seluler Sering Putus

Mungkin Anda mengalami pemutusan jaringan seluler meskipun teman-teman Anda menggunakan kartu sim dengan operator serupa tidak memiliki masalah, silakan coba mengatur ulang pengaturan

5. WiFi Ponsel Error

Jika Anda sering menggunakan jaringan WiFi di ponsel Anda untuk terhubung ke Hotspot, tetapi selalu putuskan, silakan lakukan langkah reset pabrik untuk memperbaiki sistem pada wifi menjadi normal kembali.

6. Ponsel Restart Sendiri

banyak kasus ponsel yang masih memiliki banyak daya tetapi tiba-tiba mengalami restart sendiri dan berulang kali seperti itu, coba lakukan reset untuk mengembalikan sistem yang memiliki masalah

7. Beberapa Menu Error

Jika Anda merasa ada sesuatu yang aneh di beberapa fungsi menu di ponsel Anda, misalnya ketika menekan tombol Home Anda tidak ingin bereaksi atau beberapa tombol lain seperti itu, maka langkah terbaik adalah pertama-tama melakukan reset pabrik sebelum Anda mem-flash firmware.

Nah, jika ponsel Anda mengalami masalah-masalah seperti disebutkan di atas, maka Anda harus segera melakukan reset ulang ponsel Anda. Bagaimana caranya? berikut langkah-langkahnya.

Lihat Juga :

Cara Factory Reset/Hard Reset HP Asus

1. Via Setting

  • Pertama, masuk ke menu Setelan ponsel Asus Anda.
  • Kemudian, klik menu Buat Cadangan dan Setel Ulang.
  • Selanjutnya pilih menu Kembalikan ke Setelan Pabrik.
  • Hapus centang pada “Hapus Kartu SD” agar Micro SD tidak ikut terformat.
  • Kemudian klik tombol Setel Ulang Telepon.
  • Selanjutnya, masukkan 4 digit kode password/PIN ponsel Anda.
  • Jika sudah, klik tombol Hapus Semua untuk mereset perangkat.
  • Tunggu hingga proses selesai. Ponsel Anda siap digunakan.
  • Selesai.

2. Via Recovery Mode

Sebelum melakukan reset sebaiknya Anda backup terlebih dahulu data-data penting Anda. Karena mereset ponsel akan menghilangkan semua data yang ada pada internal memory ponsel Anda.

  • Matikan ponsel Asus terlebih dahulu.
  • Kemudian tekan dan tahan tombol Power + Volume Up secara bersamaan selama beberapa detik hingga Anda masuk ke Recovery Mode.
  • Anda dapat menggunakan tombol volume atas atau bawah sebagai navigasi arah dan tombol power digunakan untuk konfirmasi/memilih menu pada recovery.
  • Setelah masuk menu recovery, pilih menu Wipe Data/ Factory Reset.
  • Kemudian konfirmasi  dengan pilih Yes – Delete All User Data.
  • Tunggu sampai proses reset selesai.
  • Terakhir, pilih Reboot system now. 
  • Otomatis ponsel Anda akan reboot (proses reboot akan memakan waktu 3-5 menit) hingga berhasil masuk ke home screen.
  • Selesai!

Nah, itu dia tutorial tentang Cara Factory Reset/Hard Reset HP Asus Via Setting & Recovery. Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.