Root Mi Max / Prime

Posted on

Root Mi Max / Mi Max Prime Tanpa PC Dengan TWRP Work 100% – Pada tutorial kali ini kami akan share cara root hp xiaomi seri Mi Max dan juga Mi Max Prime.

Kenapa Harus Root?

Setiap sistem operasi pada ponsel harus memiliki batasan yang mencegah pengguna mengubah sistem yang telah dibuat oleh pabrikan resmi.

Tetapi untuk sistem operasi yang bersifat open source seperti Android, batasan ini dapat dihapus sehingga pengguna dapat mengambil alih dan mengakses semua file tanpa batas.

Proses menghapus batas ini disebut root atau sistem rooting. Fungsi root adalah untuk memudahkan pengguna untuk menyesuaikan dan memodifikasi telepon agar terlihat lebih menarik dan berkualitas.

Jika dibandingkan dengan iOS Apple yang tidak kalah populer dari Android, iOS semakin membatasi penggunanya untuk memodifikasi perangkat.

Namun, pengguna iOS dapat menghapus batasan ini, sehingga mereka dapat memiliki hak penuh untuk mengunduh aplikasi bajakan atau asli yang tidak tersedia di Apple App Store. Aktivitas ini disebut jailbreaking.

Jailbreaking dan root keduanya menghilangkan jaminan ponsel. Tetapi di Apple, karena jailbreaking tidak termasuk modifikasi ponsel, maka garansi masih dapat dikembalikan dengan mengembalikan iPhone jailbreak ke OS standar.

Apakah metode ini berhasil atau tidak tergantung pada setiap ahli layanan ritel Apple. Sementara Android root memberi hak penuh untuk menyesuaikan, memodifikasi, dan menambahkan fitur, sehingga garansi tidak dapat dikembalikan.

Meski begitu, sistem root ini sudah sangat populer di kalangan pengguna Android. Dan mereka berlomba-lomba meningkatkan kualitas, kinerja, dan penampilan ponsel mereka agar lebih menarik.

Keuntungan Root

root mi max

1. Tingkatkan Ruang Penyimpanan

Aplikasi bawaan ponsel atau bloatware terkadang memiliki ukuran yang cukup besar sehingga memakan banyak memori.

Padahal aplikasi tersebut jarang atau bahkan hampir tidak pernah Anda gunakan. Jika ponsel Anda belum di-root, Anda dapat menanganinya dengan paksa menutup aplikasi dari menu pengaturan.

Metode ini mampu mengurangi memori yang digunakan. Tetapi jika ponsel Anda di-rooting, Anda dapat dengan bebas menghapus aplikasi sehingga ruang penyimpanan bertambah dan dapat diisi dengan aplikasi lain.

2. Download Aplikasi Gratis

Google Play Store adalah pasar penjualan aplikasi terbesar dan hanya tersedia di ponsel Android. Dibandingkan dengan pasar operasi lain, Google Play Store memiliki lebih banyak aplikasi, berjumlah ribuan.

Tetapi meskipun ada ribuan, ada beberapa aplikasi yang tidak ada di Google Play. Ini menyebabkan pengguna android mengunduhnya dari browser web.

Sebelum melakukan rooting, terkadang tidak semua aplikasi dari browser dapat diunduh. Tetapi jika sudah di-root, Anda bebas mengunduh aplikasi dari mana saja, baik yang bajakan maupun yang asli.

3. Kustomisasi ROM

Rooting ponsel Android Anda membuat Anda merasa seperti pengembang yang dapat mengubah, menambah, atau bahkan merusak sistem yang ada.

Kustomisasi ROM berfungsi untuk memodifikasi tampilan ponsel, mulai dari tema, font, keyboard, layar kunci, dan sebagainya. Selain itu, untuk menambah memori internal agar lebih leluasa menyimpan berbagai aplikasi.

4. Tingkatkan Kinerja Kernel Kustom

Custom Kernel bertanggung jawab untuk menghubungkan aplikasi android ke perangkat keras seluler.

Kernel khusus ini juga berfungsi untuk pengisian baterai lebih cepat dan penggunaan yang lebih tahan lama. Dengan sistem rooting, kinerja kernel khusus akan ditingkatkan dan dimaksimalkan.

5. Pindahkan Aplikasi

Beberapa aplikasi spesifik seperti Whatsapp atau BBM hanya dapat disimpan di memori internal dan tidak dapat dipindahkan ke eksternal.

Ini menyebabkan memori internal berpotensi lebih cepat penuh dan dapat menyebabkan sistem bekerja agak lambat.

Dengan root Android mampu membuka batas-batas ini, sehingga aplikasi dapat dipindahkan ke memori eksternal.

6. Menambahkan Kemampuan Prosesor

Prosesor adalah komponen utama ponsel. Berfungsi untuk mengontrol kinerja seluruh sistem. Dengan overlocking prosesor pada ponsel yang di-root, dapat meningkatkan kemampuan prosesor untuk menjadi lebih cepat dan maksimal.

Prosesor overlock adalah proses peningkatan kecepatan prosesor sehingga melebihi kecepatan standar atau standar ponsel.

7. Blokir Iklan

Iklan yang sering mondar-mandir di aplikasi, browser, dan game terkadang membuat pengguna jengkel. Selain mengganggu pandangan, jumlah iklan juga membuat aplikasi berjalan lambat.

Root Android juga berfungsi untuk memblokir semua iklan ini, dengan mengunduh aplikasi AdAway. Pada ponsel non-root, memblokir iklan juga dapat dilakukan. Namun caranya tidak semudah saat ponsel Anda di-root.

8. Tambahkan Kapasitas RAM

RAM berfungsi untuk membantu prosesor dalam menyimpan dan memonitor aplikasi yang sedang berjalan.

Semakin besar kapasitas RAM ponsel, kemampuan multitasking atau kemampuan ponsel untuk menjalankan banyak aplikasi sekaligus, juga semakin besar.

Tetapi terlalu banyak aplikasi yang dibuka, yang juga dapat menyebabkan RAM ponsel berjalan penuh dan sistem berjalan lambat. Ini sering menjadi masalah bagi gamer.

Jadi mereka menggunakan root untuk meningkatkan kapasitas RAM atau mengakalinya dengan menggunakan aplikasi Greenify yang dapat membuat RAM bekerja lebih ringan dan memiliki kinerja yang lebih maksimal.

Resiko atau Kekurangan Root

Sebelum melakukan rooting, Ada baiknya Anda ketahui terlebih dahulu resiko atau kerugian melakukan rooting Mi Max / Prime Anda.

Jadi, lakukan rooting dengan resiko di tangan Anda sendiri. Berikut resiko atau kekurangan dari root.

  1. Menghilangkan Garansi Resmi Ponsel
  2. Kesalahan Root
  3. Rawan Terkena Virus dan Malware
  4. Hilangnya Update Otomatis
  5. Kinerja sistem Menurun
  6. Ponsel Lebih Cepat Panas
  7. Aplikasi Tidak Berjalan
  8. Kerusakan Hardware
  9. HP Restart Otomatis
  10. Daya tahan sistem berkurang

Resiko-resiko yang disebutkan di atas memang tidak akan terjadi jika Anda tidak menginstall tweak yang merugikan.

Artinya jika Anda hanya inging rooting untuk membuka akses sistem kami jamin tidak akan ada masalah. (Jika Anda mengikuti langkah-langkah root dengan benar)

So, untuk Anda yang tetap ingin rooting, simak langkah langkah berikut ini dengan benar. (Resiko bukan tanggung jawab kami)

Cara Root Mi Max / Prime

Bahan-bahan :

  1. Download SuperSU v2.74
  2. Pastikan Sudah terpasang TWRP.
    Install TWRP pada Mi Max / Mi Max Prime
  3. pastikan Sudah Unlock Bootloader.

Langkah-langkah :

  1. Download Supersu diatas. kemudian pindahkan ke Internal Storage.
  2. Matikan Xiaomi Mi max / Mi Max prime.
  3. Tekan dan Tahan Volume Up + Power sampai muncul TWRP
  4. Pada TWRP, silahkan tekan Install.root via TWRP
  5. Kemudian Carilah File SuperSU yang sudah Anda pindahkan ke Internal Storage tadi.
  6. Kemudian Klik SuperSU tersebut
  7. Kemudian Swipe to Confirm Flashflash supersu root
  8. Tunggulah proses Instalasi SuperSu.
  9. Jika sudah selesai. Silahkan tekan Reboot System.
  10. Maka secara otomatis, HP Anda akan reboot. (ini memakan waktu 5-10 menit)
  11. Jika sudah masuk ke Home Screen, silahkan cek menggunakan Root Checker.
  12. Jika muncul tanda Ceklis. Berarti HP Anda sudah Berhasil di Root.
  13. Selesai.

Sekian tutorial kali ini tentang Root Mi Max / Mi Max Prime Tanpa PC Dengan TWRP Work 100%. Tetapi sekali lagi kami ingatkan, segala resiko bukan tanggung jawab kami. Selamat mencoba.