Memperbaiki Screen Bleeding Pada HP Xiaomi

Posted on

Cara Memperbaiki Screen Bleeding Pada HP Xiaomi POCOPhone – Smartphone Xiaomi Anda mengalami semacam cahaya putih muncul di tepi layar dan hanya muncul saat menggunakan latar belakang hitam atau gelap?

Anda sudah mencoba memperbaikinya dengan segala macam cara tetapi hasilnya masih tampak putih? Itu yang disebut Screen Bleeding.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang apa itu Screen Bleeding, dan bagaimana cara memperbaikinya.

Apa Itu Screen Bleeding?

Bleeding jika diartikan adalah berdarah, tetapi Bleeding pada Layar LCD Smartphone bukan itu maknanya. Bleeding pada Layar LCD Display Smartphone berarti penampilan semacam cahaya dari lampu latar LCD yang biasanya di tepi layar.

Ini terjadi karena layar atau layar smartphone saat ini masih menggunakan banyak panel IPS LCD yang masih membutuhkan cahaya latar putih atau backlight.

Sebagai contoh, sebagian besar Smartphone Xiaomi masih menggunakan panel LCD seperti ini. Akibatnya Bleeding pada LCD tidak bisa dihindari.

Memang, sudah ada teknologi layar yang tidak perlu lampu latar seperti panel OLED. Tetapi panel seperti ini ada pada Smartphone kelas unggulan seperti MIX. Sekarang jika layar Smartphone Xiaomi Anda terkena Bleeding, apakah masih bisa diperbaiki?

Cara Memperbaiki Screen Bleeding Pada HP Xiaomi

Perbaikan umum pada monitor LCD biasa adalah memijat area yang terkena Bleeding dengan tekanan sedang atau kuat. Ini bisa menggerakkan layar cukup untuk mengurangi Bleeding.

Tapi kami tidak yakin apakah ini akan bekerja pada perangkat permukaan kaca seperti panel IPS tetapi mungkin layak dicoba. Coba juga memijat dengan tekanan “di belakang” ponsel, tidak hanya pada kaca depan.

Xiaomi POCOPhone yang cukup sering mengalami Screen Bleeding, dan beberapa pemilik melaporkan bahwa sedikit pijatan memutar, atau membengkokan dengan lembut perangkat dari sudut ke sudut dapat menempatkan kembali layar di posisi yang tepat dan mengurangi Bleeding.

Ingat Anda harus extra hati-hati dengan cara yang satu ini, atau jika tidak maka ponsel Anda bisa patah. Tetapi sekali lagi, cara mungkin layak dicoba untuk memberikan tekanan memutar.

Atau agar tidak terlalu beresiko, salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk menyamarkan layar LCD yang terkena Bleeding adalah dengan menggunakan tema atau wallpaper cerah atau terang.

Karena Bleeding pada LCD biasanya akan muncul pada latar belakang hitam atu gelap. Selain itu, bisa juga dengan mengganti layar LCD baru.

Khusus untuk Anda pengguna Xiaomi yang bergaransi resmi bisa sedikit lega karena Anda dapat meng-klaim kerusakan tersebut dan pasti Xiaomi akan memperbaikinya atau juga menggantinya dengan layar LCD baru.

Setelah klaim garansi pastikan Anda untuk cek kembali, apakah masih terdapat Bleeding atau tidak. Bagaimana cara cek Bleeding pada LCD? berikut caranya.

Cara Cek Screen Bleeding Pada Layar HP Android

Screen bleeding awalnya memang tidak terlalu terlihat, hanya mata jeli saja yang bisa melihatnya. Namun jika dibiarkan lama kelamaan mungkin akan membesar dan mengganggu kenyamanan saat melihat layar ponsel.

Nah, untuk cek Screen Bleeding terdapat tiga cara yang bisa Anda coba :

Cara Pertama

Buka gambar yang berwaran solid hitam atau putih. Lalu atur brightnes ke tingkat paling cerah (maksimal). Maka akan terlihat jelas jika layar kalian bermasalah.

Cara Kedua

Cara kedua menggunakan kode rahasia untuk memeriksa apakah ada kerusakan pada layar ponsel kita. Caranya, dengan mengetik ####1111# atau *#*#0*#*#* lalu pilih Item test.

Cara Ketiga

Cara terakhir adalah dengan mengunduh aplikasi di Playstore. Salah satu aplikasi yang kami rekomendasikan adalah Screen Test dari Amberfog.

screen bleeding test

Dalam aplikasi ini, beberapa warna solid akan muncul, seperti merah, hitam, putih, hijau, biru, dan juga dapat menampilkan bilah warna.

Lihat Juga Artikel Lain :

Itulah Cara Memperbaiki Screen Bleeding Pada HP Xiaomi (POCOPhone, Redmi & Mi). Semoga bermanfaat.