Bootloop Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Posted on

Tips Mengatasi Bootloop Ponsel Xiaomi Redmi Note 3 Pro Mudah – Bootloop merupakan salah satu masalah paling umum bagi pengguna Android. Di mana kondisi ini Smartphone Android Anda tidak dapat memasuki layar Utama Atau stuck pada Logo.

Jadi dengan Smartphone Android Bootloop ini Anda tidak akan dapat menggunakannya dalam berbagai aktivitas Mobile, bahkan aktivitas bisnis Anda dapat terganggu.

Apa Itu Bootloop?

Bootloop merupakan sebuah masalah dengan perangkat lunak Android yang ditandai dengan tanda-tanda kegagalan untuk memasuki sistem, karakteristiknya adalah perangkat hanya menampilkan logo atau vendor Android berulang kali.

Jika perangkat Android memiliki bootloop, jangan panik atau menangis. Jangan terburu-buru ke penghitung ponsel dan membayar ratusan ribu, karena Anda tentu saja bisa menangani bootloop sendirian.

Bootloop sendiri memiliki beberapa jenis yang dibedakan berdasarkan tingkat kerusakannya. Tetapi yang umum adalah bootlop ringan dan bootlop berat.

Bootloop ringan, biasanya ini hanya sementara, hanya terkadang saja masalah ini muncul. Kedua, bootloop berat yang ditandai dengan kegagalan memasuki sistem secara permanen meskipun telah dicoba berulang kali.

Setelah Anda tahu apa itu bootloop, sekarang kami akan mencoba membahas bagaimana cara mengatasi bootloop di Android, khususnya pada hp xiaomi redmi not 3 pro. Simak pembahasan berikut ini.

Mengatasi Bootloop Redmi Note 3 Pro

mengatasi bootloop xiaomi redmi note 3 pro

Sebelum ke tutorial ada beberapa bahan yang perlu Anda persiapkan, silahkan Anda download bahan-bahan di bawah ini:

Langkah-langkah :

  1. Install PdaNEt pada PC/Laptop.
  2. Ekstrak ROM Xiaomi Redmi Note 3 Pro, letakan file ekstrak di direktori C:\ dan buat folder baru.
  3. Setelah itu kita Install Mi Flash di direktori C:\mi phone tools install
  4. Kemudian, matikan handphone dan tekan tombol kombinasi Power+Voleume Up hingga masuk ke mod FASTBOOT.fastboot mode
  5. Sambungkan ponsel dengan PC menggunakan kabel USB.
  6. Buka Folder Boot Edl yang telah kita download tadi.
  7. Kemudian disana Anda akan menemukan file reboot.bat, klik kanan lalu Run Administrator.
  8. Ketika muncul kotak Command Prompt langsung, tekan Enter untuk melanjutkan.
  9. Lihat ponsel Anda, maka layar di handphone akan blank, menandakan anda berhasil masuk ke mode edl. Perhatikan lampu led akan berkedip terus menerus.
  10. Sampai disini maka handphone Anda sudah siap di flash.
  11. Buka Aplikasi mi Flash, kemudian klik browse, lalu cari file ekstrak yang berisi ROM, pilih file image yang biasanya ber format “.img”
  12. Klik refresh pada aplikasi mi flash, ketika terdeteksi COM berarti bisa lanjut ke tahap flashing.
  13. Sebelum flashing, pilih mode “flash all except storage” yang terletak di bagian bawah aplikasi.
  14. Lalu kita klik tombol Flash untuk memulai proses Flashing.
  15. Tunggu sebentar proses Flashing, dan ketika selesai maka akan muncul notifikasi seperti dibawah ini:flash redmi note 3 pro
  16. Sampai disini ini seharusnya proses telah selesai, silahkan cabut kabel USB dari PC. Kemudian nyalakan tombol power untuk menghidupkan ponsel.
  17. Selesai.

Lihat Juga :

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas dengan benar, seharusnya ponsel Anda sekarang sudah kembali normal. Jika terdapat kesulitan atau tidak mengerti, silahkan tinggalkan komentar di bawah. Semoga bermanfaat.