Xiaomi Redmi 5A

Posted on

Tutorialxiaomi.com – Halo – halo Apa kabar sahabat tutorialxiaomi? Kembali lagi dengan kami yang selalu hadir dengan tutorial serta aplikasi mod menarik. Nah pada kesempatan kali ini admin akan mereview ponsel xiaomi nih, yaitu Xiaomi Redmi 5A yang akan dibahas pada artikel dibawah ini.

Xiaomi, seperti yang kita semua tahu, adalah raja di segmen smartphone murah di India saat ini. Hampir setiap telepon dari perusahaan telah berhasil memenuhi harapan konsumen dan mengesankan pembeli. Redmi 4A adalah contoh solid dari ini, mendefinisikan kembali rasio harga terhadap kinerja pada waktunya.

Untuk memperbarui produk ini, Xiaomi meluncurkan Redmi 5A di India, menjadikannya “Smartphone Desh Ka”, yang merupakan peningkatan minor atas pendahulunya. Jika dibandingkan dengan 4A, ponsel ini hampir tidak berbeda. Ini mirip dengan hubungan antara OnePlus 5T dan OnePlus 5. Ini adalah pembaruan kosmetik.

Apa yang masih membuat Redmi 5A di puncak persaingan adalah perangkat kerasnya. Xiaomi telah mengumumkan bahwa 2GB RAM dan varian penyimpanan 16GB akan siap untuk diperebutkan pada Rp.999.000 untuk 5 juta unit pertama, setelah itu, harga akan kembali ke aslinya, Rp. 1.150.000. Di sisi lain, varian 3GB RAM dan 32GB akan terus dijual di Rp. 1.500.000.

Jadi, bisakah Redmi 5A bisa menjadi smartphone yang sempurna untuk orang dengan anggaran terbatas? Ayo cari tahu.

Review Harga dan Spesifikasi Xiaomi Redmi 5A

xiaomi redmi 5a

Lihat juga: Xiaomi Mi 6c Spesifikasi dan Harga serta Kelebihan dan Kekurangan

Varian penyimpanan 2GB RAM + 16GB dihargai Rp 999.000 untuk lima juta unit pertama, setelah itu, ia akan tersedia untuk IDR 1.150.000. Varian penyimpanan 3GB RAM + 32GB dibanderol dengan harga IDR 1.350.000.

Redmi 5A mulai dijual pada siang hari pada 7 Desember, di seluruh toko Flipkart, Mi.com, dan Mi Home. Sesuai laporan terbaru, Anda mungkin segera dapat membeli varian RAM 3GB Redmi 5A dari pengecer offline dengan membayar premi sebesar RP 100.000, sehingga total harga mencapai RP 1.450.000.

Design Xiaomi Redmi 5A

  • Terasa solid
  • Faktor bentuk kecil membantu operasi satu tangan dengan sempurna
  • Punggung melengkung dan halus berarti duduk dengan nyaman di tangan

Redmi 5A memiliki desain unibody dengan sentuhan logam di atas punggung plastik berkualitas baik. Itu terlihat identik dengan rekan-rekan Redmi lainnya, dan terasa seperti Redmi 4.

Menyusut. Sisi-sisinya metalik, yang mengemasnya dengan kuat, karenanya rasanya cukup kokoh untuk dipegang. Beratnya 137 gram dan ukuran 140,4 x 70,1 x 8,4 mm, yang membuatnya menjadi perangkat yang sangat praktis.

Mirip dengan Redmi 4A, ia memiliki kamera depan, lubang suara dan sensor cahaya sekitar di bagian atas layar. Tombol navigasi kapasitif tepat di bawah layar, yang sayangnya tidak menggunakan lampu latar.

Tombol daya / kunci ada di kanan, disertai dengan volume rocker. Di tepi kiri, ada dua baki – satu untuk kartu SIM ganda dan satu lagi didedikasikan untuk kartu microSD.

Di bagian bawah, ada port micro USB dengan mikrofon utama dan bagian atas ponsel memiliki jack audio 3,5mm dan blaster IR, yang merupakan fitur yang banyak diinginkan.

Di panel belakang, ada kamera utama, LED flash di sudut kiri atas dan panggangan speaker di bagian bawah, yang juga memiliki tonjolan kecil untuk menghindari penyumbatan audio ketika ponsel diletakkan di belakang.

Secara keseluruhan, desain dan pembuatannya bukan hal yang luar biasa bagi mereka yang pernah melihat 4A, tetapi ini patut dipuji karena perangkat yang semurah ini. Sangat praktis, sangat pas di saku dan tidak terasa tebal meskipun memiliki baterai yang relatif besar.

xiaomi redmi 5a

Display

  • Layar 5 inci dengan resolusi HD
  • Mungkin terbukti lebih kecil untuk sebagian orang, tetapi ini adalah layar yang terang dan jernih

Redmi 5A menampilkan layar LCD HD IPS 5 inci dengan resolusi 720×1280 piksel. Ketika saya membandingkan tampilan ini dengan smartphone anggaran lainnya dalam kisaran harga yang sama, handset yang paling dekat dengan ponsel ini adalah Redmi 4 itu sendiri.

Sementara Redmi 4 memiliki layar yang lebih tajam dan lebih tajam, layar Redmi 5A sesuai dengan tagihan untuk harga ini.

Kerapatan piksel memang mencapai 296 piksel per inci, yang berarti Anda akan kesulitan menemukan pikselasi apa pun, kecuali Anda sangat dekat dengan layar.

Warna terlihat kaya dan jelas dan dapat diubah menggunakan penyesuaian manual dalam pengaturan tampilan. Selain itu, ia menawarkan mode malam untuk pengalaman membaca yang nyaman dalam kegelapan, yang jarang terjadi dalam kisaran ini.

Layar, meskipun tidak revolusioner, menawarkan standar baru dalam kisaran ultra-anggaran. Ini menawarkan visibilitas sinar matahari yang baik dan kami rasa ini akan menjadi norma bagi pembeli anggaran segera.

xiaomi redmi 5a

Lihat juga: Xiaomi Redmi 5 Spesifikasi dan Harga serta Kelebihan, Kekurangan

Daya Baterai

  • Daya tahan baterai satu hari yang mengesankan dengan penggunaan rata-rata
  • Anda tidak perlu mengisi ulang ponsel Anda setiap malam, kecuali menggunakannya secara agresif

Ini memiliki baterai 3.000 mAh, yang berlangsung sepanjang hari dengan lebih dari 20% dari biaya tersisa pada akhir hari, pada penggunaan moderat. Ponsel ini bertahan selama 10 jam dan 27 menit selama pengujian loop video kami dengan kecerahan penuh.

Namun, jika baterai menjadi perhatian utama Anda, maka Anda selalu dapat melihat Redmi 4, yang juga membawa perangkat keras yang lebih baik hanya dengan Rs 1.000 di atas harga Redmi 5A. Redmi 5A dapat diandalkan, tetapi Redmi 4 lebih baik.

Penjelajahan web 25 menit di WiFi menghabiskan 4% baterai dan Anda kehilangan jumlah baterai yang sama setelah 20 menit bermain Dead Trigger 2.

Butuh waktu sekitar 90 menit untuk mengisi daya ponsel dari 0-90 persen.

Kamera Xiaomi Redmi 5A

  • Sensor 13MP memiliki kinerja keseluruhan rata-rata
  • Itu dapat mengambil gambar yang layak dalam cahaya yang baik, tetapi menderita ketika datang ke kondisi dalam ruangan

Ada pengaturan 13 megapiksel di bagian belakang Redmi 5A dengan aperture f / 2.2, Fase Deteksi Autofokus dan lampu kilat LED. PDAF adalah salah satu peningkatan di departemen kamera atas pendahulunya.

Ini dapat merekam video full HD (1080p) pada 30fps. Ada sensor 5 megapiksel di bagian depan dengan aperture f / 2.0 untuk selfie dan panggilan video.

Bergerak maju, Redmi 5A hadir dengan kamera 5 megapiksel dengan aperture lebar f / 2.0.

Setelah menguji kamera secara luas, kami memiliki perasaan campur aduk tentang hal itu. Ini jelas bukan kamera yang luar biasa, dan kami bahkan tidak mengira itu juga.

Di bawah anggaran ini, kamera pada Redmi 5A cukup baik untuk menangkap bidikan siang hari yang layak, tetapi akan membuat Anda kecewa dalam bidikan dalam ruangan. Meskipun foto kurang detail, masih bisa menangkap warna yang jelas.

Anda dapat memeriksa warna dan detail dalam bidikan di bawah ini untuk mendapatkan ide.

Alasan utama mengapa gambar terlihat bagus adalah karena persaingan dalam kisaran ini memang buruk. Sulit untuk menemukan kamera yang bagus dan Redmi 5A melakukan pekerjaan yang adil. Padahal, menurut pendapat pribadi saya sedikit lebih dari sekadar ‘adil’.

Kamera depan hanya rata-rata untuk mendapatkan bidikan siang hari yang layak, tetapi Anda harus menjaga tangan Anda stabil untuk itu. Yang kami maksud adalah kamera ini layak untuk ponsel murah.

software

Perangkat lunak

  • Menjalankan MIUI 9 di atas Android Nougat
  • Aplikasi Bloatware sudah diinstal sebelumnya, tetapi beberapa di antaranya dapat dihapus

Redmi 5A menggunakan MIUI 9 skin terbaru Xiaomi di atas Android 7.0 Nougat. Pengalaman awal kami dengan ponsel ini cukup mulus, tetapi kami telah menggunakan Redmi 4A untuk waktu yang lama dan cenderung melambat pada beberapa fungsi selama periode waktu tertentu.

Karena perangkat ini memiliki perangkat keras yang serupa, Anda dapat mengharapkan penurunan sesekali setelah penggunaan yang lama. Lebih baik mendapatkan varian RAM 3GB untuk menunda penundaan jika pengguna berencana untuk menggunakan telepon untuk waktu yang lebih lama.

Terlebih lagi, MIUI 9 mengesankan kami dengan penampilannya. Itu rapi, tetapi ia datang dengan beberapa aplikasi Mi dimuat, seperti Mi Store, Mi Drop, Mi Community, Mi Remote dan banyak lagi.

Selain itu, unit yang kami terima dari Xiaomi memiliki seperangkat aplikasi Microsoft, Amazon, dan UC News yang dimuat sebelumnya.

Hal baiknya adalah aplikasi ini dapat dilepas dan Anda dapat menyingkirkan bloatware yang tidak diinginkan untuk membebaskan sebagian ruang.

Namun, beberapa aplikasi ini bermanfaat bagi banyak pengguna dan mungkin itulah alasan Xiaomi terus menggunakannya di semua ponsel mereka.

Performa Xiaomi Redmi 5A

Berjalan pada Snapdragon 425 SoC
Opsi 2GB dan 3GB RAM tersedia masing-masing dengan penyimpanan 16GB dan 32GB
Redmi 5A menjalankan chipset Qualcomm Snapdragon 425 dan hadir dalam pilihan 2GB / 3GB, masing-masing memiliki 16GB dan 32GB penyimpanan.

Seperti yang kita ketahui, Snapdragon 425 adalah chipset kelas bawah dan tidak banyak yang diharapkan di area ini. Namun, dapat menangani tugas-tugas dasar seperti mengirim pesan teks, menelepon, berselancar dan multimedia dengan mudah. Jangan berharap ponsel menjalankan game grafis intensif, karena melambat sedikit dan ada penurunan bingkai yang terlihat.

Tidak mengejutkan, varian 2GB terasa halus saat Anda mengeluarkannya. Itu dapat memuat aplikasi dengan cukup cepat, tertinggal saat berpindah aplikasi dan akhirnya mulai membeku juga seiring waktu.

Anda mendapatkan penyimpanan 16GB atau 32GB untuk dipilih, yang masuk akal. Bagian yang baik adalah bahwa Xiaomi menyediakan slot SIM khusus yang mendukung penyimpanan hingga 256GB, yang benar-benar mengesankan untuk ponsel murah.

Lihat juga: Note 5A Prime Xiaomi Spesifikasi dan Harga serta Kelebihan yang Ada

Tindak lanjut Xiaomi untuk ponsel murah terbaik di India bukanlah upgrade besar, melainkan revisi dari Redmi 4A.

Xiaomi Redmi 5A mungkin tidak memiliki fitur yang menonjol, tetapi secara halus menentukan bagaimana ponsel yang terjangkau tetap bagus, dengan tetap menjaga keseimbangan dalam perangkat keras dan perangkat lunak.